Hyundai Kona Ev 2021 Harga

Hyundai Kona Ev 2021 Harga – Tercatat, Hyundai belum lama ini merilis jajaran mobil listriknya di Indonesia. Pembuat mobil Korea itu pertama kali meluncurkan Kona Electric pada November 2020. Namun kurang dari setahun, Hyundai menghadirkan Kona Electric 2021. Apa saja perubahannya dan seberapa irit mobil listrik ini? Simak ulasan lainnya kali ini.

Jauh sebelumnya pada November 2020, Hyundai pertama kali meluncurkan Kona Electric di Paris Motor Show 2018. Mobil listrik Hyundai ini hadir dengan harga yang sangat terjangkau baik di luar negeri maupun di Indonesia. Kona Electric 2021 disebut dibanderol Rp 697 juta untuk harga OTR DKI Jakarta.

Hyundai Kona Ev 2021 Harga

Hyundai Kona Ev 2021 Harga

Untuk pasar Indonesia, Hyundai bisa dikatakan cukup “percaya diri” dengan jajaran mobil listriknya yang cukup terjangkau. Saingannya adalah BMW i3s yang harganya sekitar Rp 1,4 miliar. Atau Tesla Model 3 yang masuk melalui importir biasa dan dijual di kisaran Rp 1,4 hingga 1,5 miliar.

Gallery: 2021 Hyundai Kona 1.6 Turbo And N Line In Malaysia

Menurut Hyundai Indonesia, hingga akhir Juni 2021, terdapat sekitar 475 unit mobil listrik Hyundai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari segi desain, Kona Electric 2021 bisa dibilang identik dengan desain generasi sebelumnya. Perubahan paling signifikan terasa di bagian depan.

Desain grill yang semula terlihat di sana namun tertutup kini telah dihilangkan seluruhnya. Tampilan depan Kona Electric 2021 menjadi lebih simple dari sebelumnya dan terlihat minimalis.

Namun dari depan, sentuhan modern mobil listrik terasa kasar berkat penggunaan lampu daytime running yang menyerupai mata sipit di bagian atas. Ini juga berfungsi sebagai flasher saat lampu sedang digunakan.

Hyundai Kona 2022

Disambung ke bawah, untuk lampu utama. Kini Kona Electric menggunakan tiga buah lampu LED yang diposisikan berjajar dan lengkap dengan layar terbagi. Hyundai telah menambahkan sentuhan detail yang manis di bagian depan di sini.

Port charger facelift Hyundai Kona Electric 2021 diklaim aman digunakan dalam kondisi hujan. F: Muhammad Hafeez Gemilang

Tentunya juga terdapat bidang di bagian depan yang bisa dibuka untuk mengakses port pengisian daya mobil listrik ini. Port pengisian masih sama dengan Kona Electric 2020 dan konfigurasinya sama persis.

Hyundai Kona Ev 2021 Harga

Selain bagian depan, tampilan samping tampak berbeda. Hyundai telah meminimalkan cetakan fender atau wheel arch dari Kona Electric 2021. Bagian yang awalnya tampak menakutkan di bagian atas roda tidak lagi terlihat. SUV Kona Electric 2021 menurut kami sudah kehilangan daya tariknya.

Autotrader Finds Hyundai Ioniq 5 A True Contender To Tesla

Selain itu, bagian pinggirnya juga terlihat berbeda. Kona Electric 2020 menggunakan pelek berbentuk kipas ala mobil hemat energi, sementara tampilannya lebih konvensional dengan warna pelek two tone dan desain kotak-kotak.

Sedangkan di bagian belakang, penggunaan lampu belakang ganda terbilang lebih modern dari versi sebelumnya. Terlihat bersahaja, namun sentuhan desain baru di bagian belakang semakin mempertegas kesan mobil modern.

Sementara jika datang ke ruang kabin, tidak ada perubahan signifikan dari segi desain. Terutama, kluster instrumen kini sepenuhnya digital dengan susunan dua dial melingkar, yang desainnya dapat diubah sesuai dengan mode berkendara.

Sayangnya keluhan kami adalah mobil ini masih banyak dilengkapi dengan part yang menggunakan bahan plastik keras untuk interiornya. Untuk mobil di kelas hampir Rp 700 juta, menurut kami wajar saja jika Hyundai menambahkan bahan lembut pada beberapa bagian interiornya.

Tertangkap Kamera, Hyundai Kona Ev Facelift Rilis Februari 2021?

Selain itu, desain tampilan multimedia atau layar hiburan yang dipasang di tengah kini berbeda. Sekarang tidak dikelilingi oleh tombol yang tampak “ramai” seperti Kona Electric 2020, melainkan hanya layar sentuh 8 inci dengan hanya dua tombol.

Salah satu keunggulan Hyundai Kona Electric 2021 adalah hadirnya sejumlah besar fitur keselamatan dan keamanan canggih yang dirangkum Hyundai dalam sistem Hyundai Smart Sense.

Dipastikan mobil seharga sekitar 700 crores ini akan dijual dengan harga Rp. Dilengkapi dengan fitur keselamatan “utama” seperti anti-lock braking system (ABS), electronic stability control, hill start assist, kamera mundur, dan airbag.

Hyundai Kona Ev 2021 Harga

Untuk menunjang fitur keselamatan mobil listrik ini, kaca depan Kona Electric Facelift 2021 telah dipasangi kamera atau sensor oleh Hyundai. F: Muhammad Hafeez Gemilang

Hyundai Kona Ev

Namun Hyundai Smart Sense ini membuat mobil ini lebih aman, setidaknya dari benturan akibat kecerobohan atau kehilangan fokus. Hyundai HITS mencakup bantuan penghindaran tabrakan ke depan, bantuan penghindaran tabrakan titik buta, bantuan penghindaran tabrakan lalu lintas belakang, bantuan pemeliharaan jalur untuk bantuan lintas jalur.

Nyatanya masih ada beberapa fitur dengan nama yang lagi-lagi terdengar asing. Namun, beberapa fitur tersebut cukup meyakinkan bahwa mobil ini memang didesain oleh Hyundai agar super aman.

Jadi, dalam praktiknya, Hyundai memasang sensor atau kamera di kaca depan. Sensor ini akan mengirimkan sinyal peringatan ke komputer mobil, yang kemudian akan memperingatkan roda kemudi atau rem akan gangguan.

Asumsi kami adalah bahwa mereka yang sebelumnya tidak terbiasa dengan fungsi lanjutan seperti itu akan merasa tidak nyaman dengan suara peringatan hingga sinyal bahaya muncul di layar kluster instrumen. Namun, dengan membiasakan diri secara bertahap, manfaat fitur baru ini akan terasa jelas.

Baru 3 Bulan Meluncur, Hyundai Kona Electric Anyar Segera Hadir

Fitur-fitur yang berbeda ini mungkin cocok dengan pembeli Kona Electric 2020. Karena baru beberapa bulan kami membeli Kona Electric 2020, Kona Electric 2021 hadir dengan banyak kecanggihan yang tidak akan mereka temukan di satu pun. Dia membeli unitnya.

Mengendarai mobil listrik selalu memiliki efek yang berbeda. Banyak tenaga dan torsi yang membuatnya ‘gila’, terdengar kikuk dengan suara yang pelan.

Satu-satunya suara yang terdengar saat mobil ini melaju adalah pekikan ban di aspal. Dan saat kita menyalakan perangkat entertainment langsung mute.

Hyundai Kona Ev 2021 Harga

Hyundai mengklaim mobil ini mampu menghasilkan 136 tenaga kuda dari motor listriknya. Sementara itu, torsinya yang super tinggi nampaknya mengejutkan untuk sebuah mobil kompak. Hyundai mengklaim mobil tersebut memiliki torsi 395 Nm yang hampir setara dengan Toyota Fortuner 2.4.

Hyundai Kona Ev Indonesia

Seharusnya tidak mengherankan jika kita menginjak gas secara tiba-tiba dan dalam, fungsi kontrol traksi mati, sehingga ban akan berputar cepat dengan cengkeraman yang tidak rata, yang dikenal dengan putaran roda.

Bunyi “mati lemas” akan langsung terdengar dan mobil akan meluncur dengan cepat. Saran kami, jika Anda belum berhasil mengendalikan mobil ini dengan lincah, sebaiknya selalu aktifkan fungsi kontrol traksi selama perjalanan.

Berbicara tentang kecepatan tertinggi atau top speed Hyundai Kona Electric 2021, ternyata dalam pengujian kami mencapai 161 kilometer per jam.

Selain mesinnya yang senyap, kami juga terkesan dengan handling Kona Electric ini. Mobil dibawa ke selip manuver hingga berbelok dengan kecepatan tinggi tanpa terasa tersentak. Tentu saja, ini karena penempatan baterai di tengah geladak dan bobotnya yang berat. Arsitektur mobil terlihat pas dengan bobot yang terkonsentrasi di bagian tengah.

Baru Saja Dirilis November Lalu, Hyundai Bersiap Luncurkan Kona Ev Facelift 2021

Dari segi suspensi, harus diakui mobil ini terlihat standar. Tipikal mobil crossover yang ground clearance-nya terlalu rendah dan kurang tinggi, mobil ini juga dibekali suspensi dengan karakter sedang.

Mobil ini tidak terasa cukup empuk saat melewati jalanan yang buruk, namun tetap bisa memberikan kenyamanan. Namun sisi positifnya, suspensi dengan karakter ini membuat mobil terasa kaku dan stabil saat bermanuver.

Seperti juga mobil crossover, Kona Electric hadir dengan akomodasi yang cukup luas. Tidak terasa terlalu ketat, tapi jauh dari nyaman.

Hyundai Kona Ev 2021 Harga

Pertama kita lihat bagasinya. Kami mencoba membawa stroller, ransel berukuran sedang, dan charger case yang ternyata cukup untuk mengisi bagasi. Kurang lebih, koper ini hanya muat untuk dua koper besar dan mungkin tiga koper ukuran sedang.

Hyundai Kona 2024 Terungkap: Bodi Lebih Besar, Hadir Dengan Empat Varian

Namun jangan khawatir, jika Anda berniat membawa barang bawaan yang lebih besar lagi, kursi baris kedua dapat direbahkan sehingga barang Anda yang berukuran lebih besar dapat masuk ke dalam mobil ini.

Hyundai tidak menyediakan ban serep dalam paket pembelian mobil ini. Jadi di kompartemen di bawah lantai bagasi, hanya ada beberapa alat untuk memperbaiki ban yang kempes sedangkan tidak ada ruang penyimpanan untuk charger portabel.

Kemudian rasanya enak duduk di baris kedua. Bagi kami yang tingginya 175 cm, ternyata hanya tersisa sekitar tiga sampai empat jari untuk ruang kaki dan ruang kepala. Menurut kami, konfigurasi model atap datar memberikan kelebihan tersendiri.

Namun, mobil ini memiliki beberapa kompartemen penyimpanan yang cukup serbaguna. Mulai dari tempat menyimpan botol minum hingga tempat menyimpan smartphone yang dilengkapi fungsi wireless charging. Oleh karena itu, dari segi akomodasi Kona Electric 2021 masih tergolong baik.

Hyundai Kona Ev Electric 2021

Layar multimedia Hyundai Kona Electric Facelift 2021 dapat menampilkan statistik dan data penggunaan mobil listrik ini. F: Muhammad Hafeez Gemilang

Kami menggunakan dan menguji mobil listrik ini sebagai kendaraan harian selama kurang lebih satu minggu. Tapi mari kita coba meringkas beberapa data untuk memudahkan menghitung efisiensi.

Salah satu rute menarik yang perlu kita perhitungkan adalah rute yang paling banyak dilalui pekerja, yaitu dari rumah ke kantor dan dari kantor ke rumah.

Hyundai Kona Ev 2021 Harga

Kami mencoba menggunakan mobil ini untuk rute tersebut. Perjalanan kami dari rumah ke kantor dan dari kantor ke rumah mencapai 56 km. Kami berkendara selama total 3 jam 8 menit dan berakhir dengan 18 persen baterai dari 100 persen secara keseluruhan.

Hyundai Kona Electric 2021 Dipakai Harian: 50 Km Cuma Rp 10 Ribu Perak!

Bedanya, saat rute dimulai atau dari rumah ke kantor, layar instrument cluster menunjukkan konsumsi rata-rata 9,0 km/kWh listrik yang kita gunakan. Untuk pulang pergi, kami perhatikan bahwa kami berkendara lebih hemat dan menggunakan listrik rata-rata 7,5 km/kWh.

Tapi kami melakukan tes ini dengan mempraktikkan cara mengemudi orang sehari-hari secara normal. Bukan dengan metode mengemudi yang ekonomis atau banyak pengujian performa. Terkadang kami menggunakan mode sport dan menginjak pedal gas lebih dalam. Kami pun menghentikan isi ulang uang elektronik dan sempat mengambil mobil ini untuk memesan makanan.

Jika kita mengikuti klaim Hyundai bahwa kapasitas baterai Kona Electric adalah 39,2 kWh, berarti angka tersebut sama dengan baterai 100 persen.

Dalam sehari, kami menghabiskan baterai sebesar 18 persen dalam perjalanan sejauh 56 km. Artinya, 18 persen dari 100 persen atau 18 persen dari 39,2 kWh adalah 7.056.

Harga Hyundai Kona, Review, Spesifikasi Lengkap, Promo Terbaru Sekarang.

Hyundai kona ev indonesia, harga kona ev, harga mobil hyundai kona ev, harga hyundai kona ev, harga hyundai kona ev 2021, kona ev 2021, harga hyundai kona electric, harga hyundai ev, hyundai kona 2021, harga hyundai kona ev 2020, harga hyundai kona 2021, hyundai kona electric 2021


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *