Perbandingan Mobil Lcgc Terbaik

Perbandingan Mobil Lcgc Terbaik – Beranda Berita Daftar Mobil Terlaris LCGC 2021, Daihatsu Sigra Pimpin, Suzuki Karimun Wagon R Lebih Baik Akhir Tahun

LCGC atau dikenal juga dengan Low Cost Green Car merupakan klasifikasi kendaraan roda empat yang telah disahkan sejak Juli 2013. Dengan nama resmi Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Terjangkau (KBH2), petunjuk teknis dan pelaksanaannya tertuang dalam Peraturan Pemerintah. TIDAK. N Menteri Perindustrian. 33/M-IND/PER/7/2013

Perbandingan Mobil Lcgc Terbaik

Perbandingan Mobil Lcgc Terbaik

Dari situ, sejumlah pabrikan Indonesia mulai memperkenalkan model andalannya LCGC. Toyota memiliki Agya yang merupakan mitra Daihatsu, namun menggunakan nama Ayla. Honda kemudian juga menegaskan bahwa Brio Satya sebagai model LCGC berbeda dengan Bria tipe E dan Bria RS. Setelah Suzuki dengan Karimun Wagon R, serta Datsun Go Series.

All New Calya

Pada tahun pertama sejak peraturan LCC diperkenalkan, tanggapannya sangat positif. GAIKINDO menyebutkan penjualan kendaraan LCGC bisa mencapai 51.180 unit, pangsa pasar sekitar 4 persen dari total penjualan kendaraan saat itu sebanyak 1,2 juta unit.

Kemudian Subronto Laras selaku Ketua Pembina PT Suzuki Indomobil Sukses International Tbk yang menjadi sponsor merek Suzuki di Tanah Air mengatakan, program mobil LCGC sukses karena faktor harga. Dengan biaya yang terjangkau dan tanpa PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah), kendaraan ini dapat menjadi jembatan bagi pembeli mobil baru yang sebelumnya hanya menggunakan sepeda motor untuk beralih ke kendaraan roda empat.

Jika di awal para pemain di segmen LCGC terlihat cukup ramai, namun pada Desember 2021 hanya tersisa lima model. Yakni Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Sementara Datsun sudah lama mengundurkan diri, Suzuki mengumumkan pada November 2021 menarik Karimun Wagon R dari daftar LCGC. Karena mobil ini hanya akan diekspor ke negara lain.

Rekomendasi Mobil 1500cc Paling Irit Di Tahun 2021

Selain itu, seiring berjalannya waktu harga mobil LCGC tidak semurah dulu, namun mobil ini masih menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memiliki mobil. Apalagi bagi pembeli mobil pemula yang menginginkan mobil yang bisa mengangkut keluarga tanpa khawatir kepanasan dan kehujanan, konsumsi bahan bakar irit, biaya perawatan dan pajak cukup terjangkau.

Dari lima mobil LCGC yang masih dijual hingga 31 Desember 2021, nama Daihatsu Sigra tampaknya paling banyak diminati. GAIKINDO mencatat LCGC tujuh penumpang besutan Daihatsu berhasil terjual sebanyak 40.283 unit antara Januari hingga Desember tahun lalu.

Angka tersebut bahkan cukup jauh dari penjualan saudara kembarnya Toyota Caly. Menurut kami, harga yang lebih murah itulah yang membuat penjualan Daihatsu Sigra lebih baik daripada Calya. Meski dari segi spesifikasi fitur Calya masih lebih lengkap.

Perbandingan Mobil Lcgc Terbaik

Berbeda dengan Sigra, penjualan Toyota Caly pada 2021 hanya mencapai 35.375 unit. Artinya, Kalya kehilangan sekitar 5.000 demand point dibanding Daihatsu Sigra. Posisinya juga harus siap menempati posisi kedua.

Toyota New Calya

Transmisi manual tipe G menjadi Toyota Calya terlaris tahun lalu. Selanjutnya hadir versi G dengan transmisi otomatis (A/T). Anda penggemar Toyota Caly juga?

PT Honda Prospect Motor (HPM) pertama kali memperkenalkan Brio Satya pada 2013 lalu. Basisnya tetap Honda Brio, namun dengan sedikit penurunan spesifikasi. Antara lain, girboksnya hanya manual 5 percepatan, serta penggunaan roda baja, aias, roda kaleng yang dilapisi hub.

Namun sejak Honda Brio generasi kedua hadir, Brio Satya juga mengalami penyempurnaan. Honda menawarkan Brio Satya dengan opsi transmisi otomatis CVT yang sama dengan varian E dan RS Brio. Dan itu berlanjut sampai sekarang. Alhasil, peminat Honda Brio Satya semakin banyak karena model ini dinilai tidak jauh berbeda dengan Honda Brio RS namun dengan harga yang lebih murah.

Daihatsu harus kembali mengungguli Toyota. Kali ini di bagian LCGC, 5 penumpang bersama Ayla. Total penjualan tahun lalu sebanyak 21.384 kendaraan, cukup masif mengingat pasar mobil domestik belum sepenuhnya kembali normal setelah dilanda pandemi Covid-19.

Rumah Berbagi Cerita : Kehadiran Mobil Toyota Calya Yang Meramaikan Pasar Lcgc

Ayla juga secara luas dianggap sebagai pilihan ekonomis ketika seseorang ingin mulai memiliki mobil daripada hanya memiliki kendaraan roda dua. Pasalnya, harga Ayla saat ini merupakan tipe paling murah – 107 juta dram. Sudah di awal kemunculannya, sudah ada varian Daihatsu Ayla yang harganya kurang dari AMD 100 jutaan.

Sejalan dengan persaingan antara Toyota Caly dan Daihatsu Sigra, penjualan Agya juga harus mengakui keunggulan saudara kembarnya, Daihatsu Ayla. Meski kedua mobil ini berbagi platform dan mesin yang sama.

Namun, prestasi Toyota bersama Agya tidak bisa dibilang rendah. Buktinya, LCGC berlogo burung itu tahun lalu berhasil mencapai sekitar 17 ribu unit.

Perbandingan Mobil Lcgc Terbaik

Bahkan, rekor terbaru mobil LCGC terlaris tahun 2021 adalah Suzuki Karimun Wagon R yang hanya terjual sebanyak 2.510 unit. Pasalnya hingga November 2021, Suzuki belum mulai menjual unit Karimun Wagon R, kecuali sisa stok yang masih ada di diler.

Tiga Video Review Minggu Ini. Ada Komparasi Mobil Mobil Lcgc

Ia menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009, sejalan dengan hobinya memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap mobil yang diproduksi oleh masing-masing pabrikan terus meningkatkan minat dunia otomotif hingga saat ini. Mobil LCGC yang disebut Low Cost Green Cars sangat diminati di Indonesia. Alasannya antara lain harga mobil LCGC yang sangat terjangkau. Meski begitu, di awal pembuatannya, ada satu jenis LCGC yang harganya bahkan kurang dari 100 juta dram.

Pemainnya juga sangat beragam. Toyota memiliki Agya dan Daihatsu Ayla. Lalu ada Suzuki Karimun Wagon R dan Honda Brio Satya. Tahun berikutnya muncul lagi pemain baru yaitu Datsun GO. Kemudian masuk kategori baru lagi, LCGC 7-seater, ditandai dengan hadirnya Toyota Caly dan Daihatsu Sigra.

Sayangnya, segmen LCGC saat ini hanya diisi oleh tiga merek besar. Khusus Toyota, masih dengan Agya dan Calya, lalu Daihatsu Ayla dan Sigra serta Honda Brio Satya. Sementara Datsun sudah lama pamit, disusul Suzuki yang menyerah karena Karimun Wagon R dinyatakan kurang sukses.

Baca Juga: Daftar Mobil Terlaris LCGC 2021, Daihatsu Sigra Pimpin, Suzuki Karimun Wagon R Kalah di Akhir Tahun

Komparasi Toyota New Rush Vs Daihatsu All New Terios Terbaru

Saat ini harga mobil LCGC terbaru tidak lagi di bawah AMD 100 jutaan. Termurah Rp 106,7 juta, khusus melalui Daihatsu Ayla tipe 1.0 D MT. Sedangkan yang termahal adalah Honda Brio Satya E CVT seharga Rp 180,8 juta.

Jika Anda sedang mencari LCGC dengan pilihan untuk semua anggota keluarga besar, satu-satunya pilihan adalah Toyota Calya atau Daihatsu Sigra. Harga termurah segmen ini Rp 124,15 juta untuk Daihatsu Sigra Tipe 1.0 D MT. Sedangkan Toyota Calya termurah dibandrol dengan harga AMD 149,2 juta.

Dengan Keputusan Menteri Keuangan no. 5/PMK.010/2022, Kebijakan Insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM DTP) akhirnya diperluas. Kendaraan LCGC yang harganya di bawah 200 juta AMD merupakan kategori penerima diskon PPnBM.

Perbandingan Mobil Lcgc Terbaik

Dengan keputusan tersebut, berarti Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Agya, Toyota Calya, dan Honda Brio Satya kembali menikmati diskon PPnBM.

Simak Tips Membeli Mobil Untuk First Tim :: Honda Indonesia

Ia menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009, sejalan dengan hobinya memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap mobil yang diproduksi oleh masing-masing pabrikan terus meningkatkan minat mereka terhadap dunia otomotif hingga saat ini. Mencari mobil murah, irit, dan andal untuk berkendara sehari-hari? Berikut kami akan bagikan daftar pilihan mobil LCGC terbaik.

Total ada tujuh mobil yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Hanya satu hal yang pasti. Harganya terjangkau, dan konsumsi bahan bakarnya dijamin irit.

Ada satu pemain yang diproduksi Suzuki, yaitu Karimun Wagon R. Toyota dan Daihatsu kemudian menyumbang empat produk. Agya dan Ayla untuk varian city car 5 penumpang. Sedangkan Calya dan Sigra khusus untuk kategori MPV 7 penumpang.

Honda juga punya satu mobil LCGC yang performanya bagus, yaitu Brio. Di sisi lain, meski varian barunya sudah tidak lagi dijual di Indonesia, Datsun GO dan GO+ tetap layak dipertimbangkan.

Toyota Alphard 2021 Toyota Fortuner Trd 2021 Harga Toyota Avanza Promo Harga Toyota Termurah Dp Murah Toyota Angsuran Murah Mobil Toyota Ready Stock New Rush Yaris Agya Calya Veloz Sienta Voxy Vellfire

Meski desainnya kurang menarik, sebenarnya Suzuki Karimun Wagon R layak masuk dalam daftar mobil LCGC terbaik. Alasannya, memang layak mendapat rating tinggi dalam hal kelegaan kabin dan kenyamanan berkendara.

Mobil LCGC ini mampu menampung 5 orang dewasa dan bagasinya masih cukup luas untuk menampung berbagai barang bawaan. Kami hanya berbicara tentang karakteristik modern, bisa dibilang minimal. Tidak ada head unit layar sentuh untuk pemutaran video.

Performa mesin 1.0 liter Karimun Wagon R juga istimewa. Akselerasi cukup normal. Kemudian konsumsi bahan bakarnya juga bagus. Kekurangan dari city car ini adalah memiliki transmisi otomatis Automatic Gear Shift (AGS) yang pergantian giginya agak lambat. Namun, tidak ada masalah untuk memilih secara manual.

Perbandingan Mobil Lcgc Terbaik

Varian teratas Toyota Agya atau TRD Sportivo hadir dengan fitur-fitur modern seperti head unit touchscreen, audio steering wheel switch, digital air conditioner dan lainnya.

Mobil Keluarga Terbaik 2023, Nomor 3 Bakal Bikin Tercengang!

Berikutnya dalam daftar mobil LCGC terbaik adalah Toyota Agya. Mobil ini tentunya memiliki desain yang umum sehingga banyak orang yang menyukainya.

Lalu ada dua pilihan mesin, 1.0 liter dan 1.2 liter. Transmisinya juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dengan manual 5 percepatan dan otomatis konvensional 4 percepatan.

Yang paling menarik dari Agya adalah fitur-fiturnya yang sangat lengkap. Ada head unit layar sentuh, tombol start/stop mesin, AC digital dan lainnya, khusus untuk varian teratas.

Apakah Anda ingin memilikinya? Harga Toyota Agya mulai dari Rp 143,8 juta (OTR Jakarta) untuk versi 1.0 liter. Sedangkan banderol varian 1.2 liter mulai Rp 148,1 juta (OTR Jakarta).

Daftar Harga Mobil Lcgc Terbaru Juli 2022 Alami Kenaikan Sampai Rp8 Jutaan, Kecuali Mobil Ini

Performa mesin Brio juga luar biasa. Di atas kertas, mesin 1,2 liternya mampu menghasilkan tenaga hingga 90PS pada 6000rpm dan torsi puncak 110Nm pada 4800rpm. Yang terbaik di antara pesaing. Transmisinya juga memiliki CVT yang mendistribusikan tenaga secara merata.

Khusus untuk varian top-end, Brio dilengkapi panel instrumen layar sentuh, AC digital, dan audio control switch. Demikian pula, sistem keselamatan yang tersedia adalah ABS, EBD, dan dual SRS airbag.

Daihatsu Ayla berikutnya dalam daftar mobil LCGC terbaik. Keunggulan Toyota Agya twin ini adalah lebih murah. Mulai Rp 102,15 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.0 liter. Sedangkan banderol varian 1.2 liter mulai Rp 136,45 juta (OTR Jakarta).

Perbandingan Mobil Lcgc Terbaik

Dari segi fitur, Ayla juga cukup modern di versi top-end. Tersedia kepala layar

Perbandingan Konsumsi Bbm Datsun Go Vs Toyota Agya, Mana Lebih Irit Buat Harian?


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *