Honda Africa Twin 1988

Honda Africa Twin 1988 – Jika Anda berpikir untuk berkendara off-road dengan sepeda motor, membeli sepeda motor bekas adalah cara terbaik untuk menghemat uang. Tapi ada yang bekas dan ada yang klasik. Tentu saja, ide off-road dengan sepeda vintage bisa jadi cukup menakutkan. Meskipun mereka tidak menawarkan semua kemudahan modern, beberapa sepeda motor klasik tetap menjadi sahabat jalanan yang solid. Misalnya ikonik asli Honda Africa Twin.

Seperti Ducati dan SuperSport, papan nama “Africa Twin” memiliki sejarah panjang dengan Honda. Africa Twin “CRF1100L” modern adalah sepeda petualangan yang luar biasa. Tapi itu juga yang terakhir dari barisan panjang off-roader yang menyandang nama itu.

Honda Africa Twin 1988

Honda Africa Twin 1988

Dia menjelaskan. Lalu seperti sekarang, Honda berlaga di Paris-Dakar Rally di kategori sepeda motor. Dan menghadapi persaingan ketat dari BMW R80G/S,

Honda Africa Twin 650 750 Usate

Namun situasi berubah pada tahun 1986 dengan diperkenalkannya Honda NXR750. Sepeda motor V-twin ini memenangkan empat reli Paris-Dakar berturut-turut dari tahun 1986 hingga 1989.

Memang, Honda Africa Twin XRV650 bukanlah tiruan dari NXR750. Misalnya, ia memiliki tangki bensin yang lebih kecil dan motor yang sedikit disetel ulang. Tapi mesin itu masih V-twin berpendingin cairan, mesin 647cc, 56 tenaga kuda yang dikawinkan dengan gearbox lima kecepatan. Selain itu, XRV650 tidak hanya mencerminkan NXR750 secara visual,

Laporan. Ini memiliki banyak fitur semua medan yang sama dengan sepeda jalan raya — tetapi kita akan membahasnya sebentar lagi.

Laporan. Dan “Africa Twin 750” ini tetap diproduksi hingga tahun 2003 dan melewati tiga generasi: RD04, RD07 dan RD07A. Seperti XRV650, Africa Twin 750 memiliki gearbox lima kecepatan dan V-twin berpendingin cairan. Namun, itu adalah V-twin 742cc dengan peringkat 62 tenaga kuda.

Motorschutzbügel Schwarz Für Honda Crf 1100 L Africa Twin (2019 )

Meskipun Honda Africa Twin XRV750 lebih bertenaga daripada XRV650, yang terakhir lebih ringan sekitar 35 pound.

Laporan. Namun, RD07 1993 memperkenalkan rangka yang didesain ulang, lebih ringan, serta penanganan yang lebih baik. Dan meski lebih berat, Africa Twin 750 juga meningkatkan beberapa fitur XRV650.

Bahkan saat ini, Honda Africa Twin XRV650 memiliki spesifikasi off-road yang lumayan. Ini fitur pelat selip aluminium, pelindung lampu depan logam, radiator ganda, dan knalpot yang dipasang tinggi.

Honda Africa Twin 1988

Laporan. Namun, garpu depan bantuan udara Showa telah ditingkatkan. Dan ia juga memiliki monoshock belakang yang lebih dapat disesuaikan dengan travel 0,1 inci lebih banyak. Sementara kedua model menampilkan rem cakram depan dan belakang, XRV750 secara keseluruhan lebih besar dan memiliki cakram depan ganda.

Honda Africa Twin Xrv750 Rd07

Laporan. Namun, ini sebenarnya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ADV baru. Model klasiknya terasa lebih ringan dan lebih kompak serta secara umum lebih mengasyikkan untuk dikendarai.

Laporan. Dan Anda bisa mendapatkannya dengan transmisi otomatis. Namun kesederhanaan dari motor klasik mungkin akan memudahkan untuk dikendarai di jalur off-road. Ternyata keledai tua itu masih memiliki banyak nyawa di dalamnya.

Sayangnya, pelanggan Amerika tidak pernah memiliki kesempatan untuk merasakan Honda Africa Twins klasik selama periode ini. Meskipun kami mendapatkan motor petualangan transalp, Honda tidak pernah menjual XRV650 atau XRV750 di sini,

Untungnya, berkat aturan 25 tahun, semua kecuali versi terbaru Honda Africa Twins lama ini memenuhi syarat untuk diimpor. 2021 adalah pertama kalinya RD07A, generasi terbaru dari XRV750, dapat diimpor. Dan terlepas dari status sepeda ini, harganya masih cukup terjangkau. Banyak contoh di atas

Gpr Exhaust System Honda Africa Twin 650 Rd03 1988/89 Homologated Slip On Exhaust Furore Nero

Mereka menjual sekitar $5.000 dan jarang melebihi $10.000.Ini cerita yang mirip dengan Africa Twins yang dilelang melalui Bonhams.Africa Twin pertama dirilis pada tahun 1988 setelah dua tahun sukses luar biasa oleh Honda Paris-Dakar. Komunitas pengendara petualangan dengan cepat mengenali penanganan yang sangat baik, keandalan, dan ketampanan yang terinspirasi oleh HRC. XRV 650 sendiri menjuarai kelas Paris-Dakar Marathon pada tahun 1989 dan 1990. Saat ini, Africa Twin dianggap sebagai mobil klasik yang terinspirasi dari reli.

Pada bulan September 2015 Honda meminta saya membelikan XRV 650 untuk menemani CRF1000L Africa Twin baru dalam tur lima bulan di negara tersebut. Saya sangat gembira, tetapi kemudian saya menyadari bahwa saya harus merestorasi motor ini hanya dalam 45 hari! Dengan dukungan teman dan keluarga, saya menyelesaikan motor dan mengirimkannya ke Honda tepat waktu.

Penggemar Africa Twin lainnya menemukan saya XRV 650 tahun 1988 yang sangat awal di Inggris. Awalnya dijual di Prancis, saya tahu dari gambar bahwa motor ini dikendarai dengan keras, tetapi melihatnya secara langsung mengungkapkan kebenarannya: pasti menghabiskan banyak waktu di luar! Ada korosi, goresan, retakan, dan bagian usang di mana-mana. Ini akan menjadi tantangan, tetapi itu akan sia-sia!

Honda Africa Twin 1988

Inti dari XRV 650 adalah V-twin 52 derajat yang dapat diandalkan. Ini kompak, torsi dan sangat halus. Mesin tahun 1988 memiliki beberapa bagian awal yang tidak umum di mesin XRV tahun 1989, jadi saya ingin menghidupkan kembali mesin ini. Bongkar mesin sepenuhnya dan ganti gasket, cincin, bantalan, dan segel. Bagian yang sulit adalah menyetel ulang mesin; terutama penutup samping perunggu! Pada foto di bawah, mesin yang tidak direstorasi ditampilkan di sebelah mesin yang telah direstorasi sepenuhnya.

Honda Africa Twin Xrv650

Hasil akhir HRC dari XRV 650 sangat ikonik. Jadi penting bahwa warna dan stikernya sempurna. Banyak pemulih mengalihdayakan pekerjaan cat dan stiker mereka ke bengkel; Saya terlalu pilih-pilih untuk membiarkan siapa pun masuk ke proyek saya! Latar belakang desain saya memungkinkan saya untuk mewujudkan decals (walaupun saya dapat menemukan beberapa decals NOS). Setelah membuat decals dan lebih dari seminggu masuk dan keluar dari bilik cat, bodi selesai!

45 hari setelah restorasi, saya mengirimkan sepeda ke Honda di Long Beach untuk International Motorcycle Show (IMS). Honda akan membawa motor tersebut ke tur IMS di Amerika Serikat, kemudian ke Daytona dan terakhir ke MotoGP di Austin. Saya merasa terhormat dan bersemangat memiliki salah satu sepeda saya dalam tur bersama Honda, yang kami impor dari Jerman tahun lalu. Motor baru saja diservis secara penuh. Dibuat dengan tangan oleh HRC, dengan 1 pemilik sebelumnya Ini adalah contoh yang luar biasa dan menawarkan peluang unik untuk berinvestasi dalam sejarah otomotif.

Africa Twin “asli” pertama dibangun pada 1988-1989 sebagai V-Twin 650cc. Africa Twin 1988 pertama yang turun ke jalan adalah replika Dakar NXR750 1986 yang memenangkan total empat kali Dakar.

Membangun popularitas Reli Paris-Dakar, XRV650 (RD-03) diluncurkan pada 20 Mei 1988. Konsepsinya menimbulkan kehebohan, dan kesuksesan model tersebut membawa turunan baru hingga hari ini.

Screen Africa Twin 650 1988 1989 Light Black (20cm + Soit 41cm) By Ermax

Tomonon Mogi, desainer utama, ingin AT sedekat mungkin dengan pembalap pabrikan NXR. Untuk itu, ia memiliki pelindung lampu jala; radiator ganda aluminium; knalpot baja tahan karat; panel instrumen modular “tipe tambahan”; jam batu; klip yang cukup cepat; dan skema warna “tricolore” HRC (ketika pabrik HRC dibangun). Pembuatan tangki bahan bakar sisi pelana yang besar hampir mematikan proyek karena tangki lebih rendah dari karburator dan membutuhkan penggunaan pompa bahan bakar. Honda juga harus menggunakan teknik manufaktur yang sama sekali baru untuk membuatnya—dibutuhkan empat lembar baja, bukan tiga lembar tradisional. Honda Africa Twin XRV650 tahun 1988 adalah terobosan besar pertama merek ini ke pasar sepeda motor petualangan. Motor ini secara resmi diluncurkan pada 20 Mei tahun ini – dicat merah, biru dan putih, sengaja dirancang agar terlihat seperti mesin pemenang Reli Paris-Dakar.

Pemimpin tim desain Tomonori Mogi menggunakan NXR750 pemenang Paris-Dakar sebagai dasar desain untuk kendaraan komersial baru. Dengan desain yang sangat dipengaruhi oleh NXR750, XRV650 komersial dibangun untuk tetap setia pada warisannya.

Mesinnya adalah 647cc, 4-tak, 52° V-twin, SOHC, 6-katup, berpendingin air, yang sedikit tidak selaras dibandingkan dengan motor balap karena Honda ingin mempertahankan reputasi yang pantas didapatkannya dari motor balapnya. keandalan antipeluru miliki. Mesinnya menghasilkan 56 hp. Transmisinya adalah penggerak rantai 5 kecepatan, suspensi depan adalah garpu Showa 43mm dengan jarak tempuh 230mm, sedangkan bagian belakang menampilkan kejutan mono Pro-Link dengan jarak tempuh 210mm.

Honda Africa Twin 1988

Rem depan menggunakan cakram 296mm dan bagian belakang menggunakan cakram 240mm. Ketinggian jok adalah 880mm dan tangki bahan bakarnya bukan unit kompetisi monster sepeda Paris-Dakar, tetapi menawarkan kapasitas 24 liter (6,34 galon AS) yang masuk akal. Berat kering XRV650 adalah 193 kg (425,5 lb).

Honda Africa Twin, Women, Motorcycle T Shirt, Dakar Adventure Bike, Co

Penerus XRV650 adalah Honda Africa Twin XRV750, yang memulai debutnya pada tahun 1990. Mesin pada model baru ini dinaikkan menjadi 742cc, tetapi selain itu sama dengan 52° SOHC V-twin dengan enam katup dan busi kembar, kini menghasilkan 62hp pada 7500rpm dan torsi 62Nm pada 6000rpm.

Koplingnya adalah unit basah multi-cakram yang sama, tetapi suspensi dan remnya diganti. Rem depan terdiri dari dua cakram 276mm dengan kaliper piston ganda dan di belakang satu cakram 256mm dengan kaliper piston tunggal. Suspensi depan menggunakan garpu teleskopik berbantuan udara 43mm dengan jarak tempuh 220mm, sedangkan Pro-Link belakang dengan penyetelan preload dan peredam kompresi memberikan jarak tempuh 214mm. Rodanya berukuran 21 inci di depan dan dilengkapi dengan ban 90/90 D21


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *