Rekomendasi Mobil Lcgc Terbaik

Rekomendasi Mobil Lcgc Terbaik – Seperti namanya, Low Cost Green Car (LCGC) identik dengan kendaraan ramah lingkungan. Apalagi keunggulan mobil LCGC adalah dijual dengan harga lebih murah. Ada juga mobil LCGC yang harganya di bawah Rp 100 juta.

Awalnya, kebijakan pemerintah terkait aturan mobil LCGC banyak menuai kegemparan masyarakat. Pasalnya, munculnya mobil murah dan terjangkau diperkirakan akan menyebabkan kemacetan lalu lintas yang lebih parah di perkotaan.

Rekomendasi Mobil Lcgc Terbaik

Rekomendasi Mobil Lcgc Terbaik

Namun, pada akhirnya, mobil LCGC tetap memberikan pasar yang menjanjikan bagi produsen otomotif. Orang kelas menengah saat ini memiliki kesempatan untuk membeli kendaraan yang terjangkau tanpa kerumitan.

Mobil Irit Bbm, Ini Rekomendasi Dan Cara Memilihnya

Ada banyak pilihan mobil LCGC yang tersedia di pasaran saat ini dari banyak pabrikan ternama. Hanya saja, mobil jenis ini tidak dibekali fitur tercanggih. Karena mengatur harga dan definisi. Jika Anda sedang mencari mobil LCGC yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ada mobil di pasaran yang bisa Anda pilih.

Daihatsu Sigra merupakan mobil LCGC 7 seater yang sangat diminati di pasaran saat ini. Dengan kapasitas penumpang yang cukup besar, mobil ini ternyata sangat irit bahan bakar. Angka penjualan Cigra sendiri di tahun 2017 mampu melampaui penjualan MPV entry level Daihatsu, Xenia. Untuk pilihan mesin, Cigra ditawarkan dengan dua tipe mesin yaitu mesin 1.0 untuk pilihan manual dan otomatis, sedangkan mesin 1.2 digunakan pada varian teratas.

Toyota Kyla sedikit kalah dengan Sigra karena Toyota sendiri memperebutkan pasar dengan Avanza dan Sienta untuk 7-seater ini. Selisih harga yang tidak jauh dengan fitur yang hampir sama membuat Cayla sulit didapat. Dari segi desain, Calya tidak jauh dari Sigra. Namun dari segi fitur, Calya sedikit lebih unggul karena varian yang lebih rendah sudah menggunakan sistem pengereman ABS.

Setelah sekian lama absen, Datsun akhirnya kembali ke pasar mobil global dengan produk pertamanya bernama Go. Payback Datsun merupakan strategi Nissan untuk memasuki pasar mobil murah yang selama ini terabaikan karena Nissan lebih fokus pada mobil kelas menengah.

Rekomendasi Mobil Mpv Mewah Dengan Harga Murah, Ada Yang Senyaman Alphard

Datsun Go sendiri mungkin tidak terlalu mengecewakan untuk sebuah mobil LCGC. Desain eksteriornya sangat sporty, tanpa roda terlihat ringkih. Di bagian dalam, pabrikan memang sengaja membiarkan beberapa bagian ditelanjangi untuk mencapai nilai ekonomis mobil ini.

Mesin HR12DE yang digunakan pada Nissan March memang patut dipuji. Tenaga maksimum mobil ini adalah 68 tenaga kuda dan torsi maksimum 104 Nm.

Jika Datsun Go Panca adalah mobil hatchback LCGC, maka Datsun Go+ adalah 7-seater yang mampu menampung lebih banyak penumpang. Dari segi ukuran bodi dan sasis, sebenarnya tidak banyak perbedaan antara Datsun Go dan Datsun Go+.

Rekomendasi Mobil Lcgc Terbaik

Sedangkan untuk interiornya ada bagian yang belum tertutup dan terbuka. Interiornya terbuat dari plastik dan kain. Sedangkan mesinnya juga menggunakan mesin yang sama dengan Datsun GO.

Mobil Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Namun, jika Anda mencari mobil terjangkau dengan kapasitas penumpang yang besar, Datsun Go+ bisa jadi pilihan. Meski tidak disarankan untuk menggunakan kendaraan ini dengan kapasitas penuh.

Rupanya Toyota tidak mau ketinggalan dalam merebut pasar mobil LCGC dan telah meluncurkan Toyota Agya untuk pasar mobil LCGC di Indonesia. Toyota Agya merupakan mobil hatchback dengan kapasitas lima orang. Desain Agya tidak jauh berbeda dengan Daihatsu Alia karena memang mobil ini diproduksi oleh Daihatsu.

Di sisi mesin, mobil ini menggunakan mesin 1.0 dan 1.2 liter dual VVT-I dengan tenaga maksimal 66 hp untuk mesin 1.0 dan 87 hp untuk mesin 1.2. Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan teknologi drive by wire, power steering elektronik, dan fitur keselamatan seperti rem ABS dan airbag dual SRS.

Dari luar sepertinya tidak ada perbedaan antara Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Namun jika diperhatikan dengan seksama, akan terlihat perubahan pada ujung depan mobil ini yang lebih stylish dan mewah dengan hiasan chrome pada bumper belakang dan lampu DRL.

Rekomendasi 8 Mobil Termurah Di Indonesia Yang Terjangkau!

Sedangkan untuk mesin, Ayla memiliki varian mesin 1.0 dan 1.2 menggunakan mesin KR-DE dengan teknologi VVT-i. Mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 65 PS untuk versi mesin 1.0 dan hingga 88 hp untuk versi mesin 1.2.

Bicara soal kesempurnaan, Brio Satya merupakan Donna utama mobil LCGC di Indonesia. Dengan harga retail mulai Rp 130 jutaan, Brio menawarkan berbagai kemewahan untuk sebuah mobil dengan harga terjangkau. Mobil sudah menggunakan pengereman ABS dan airbag untuk sistem keselamatan versi bawahnya.

Mobil ini menggunakan mesin L12 4 silinder 1,2 liter dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 90 PS. Dari segi handling dan durabilitas, mobil ini disebut-sebut sebagai mobil LCGC terbaik yang ada saat ini.

Rekomendasi Mobil Lcgc Terbaik

Nah, dari daftar mobil LCGC di atas, manakah yang menjadi pilihan Anda? Namun jangan berharap terlalu banyak karena kereta LCGC memang tidak didesain untuk fun to drive, sehingga akan ada beberapa glitch di sana-sini. Beranda Daftar Berita Mobil LCGC Terlaris Daihatsu Sigra 2021 Kalahkan Suzuki Karimun Wagon R Pimpin Akhir Tahun

Pilihan Mobil Lcgc Bekas Tahun Muda, Harga Mulai Rp 70 Jutaan

LCGC alias Low Cost Green Car merupakan kategori kendaraan roda empat yang disahkan pada Juli 2013. Bernama resmi Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Terjangkau (KBH2), petunjuk teknis dan pelaksanaannya tertuang dalam peraturan Kementerian tersebut. Industri no. 33/M-IND/PER/7/2013.

Dari situ, banyak pabrikan di Indonesia yang mulai memperkenalkan model LCGC andalannya. Toyota telah menggandeng Agya dengan Daihatsu namun menggunakan nama Ayla. Belakangan Honda juga menegaskan bahwa Brio Satya sebagai model LCGC berbeda dengan Brio Type E dan Brio RS. Suzuki disusul oleh Karimun Wagon R, serta seri Datsun GO.

Responsnya sangat positif di tahun pertama sejak aturan mobil LCC diberlakukan. GAIKINDO mencatat penjualan mobil LCGC bisa mencapai 51.180 unit dengan pangsa pasar 4 persen dari total penjualan mobil saat itu yang mencapai 1,2 juta unit.

Saat itu, Subronto Laras selaku Presiden Komisaris PT Suzuki Indomobil Success International TBK, payung merek Suzuki di Tanah Air, memuji keberhasilan program mobil LCGC karena faktor biaya. Dengan tarif yang terjangkau akibat tidak adanya PPnBM (pajak penjualan barang mewah), mobil ini dapat menjadi jembatan bagi pembeli mobil baru yang sebelumnya hanya menggunakan sepeda motor beralih ke kendaraan roda empat.

Rekomendasi Mobil Untuk Anak Muda Dan Tips Membelinya

Jika awalnya para pemain di segmen LCGC terlihat sangat ramai, namun hanya tersisa lima model pada Desember 2021. Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Brio Satya, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Sementara Datsun telah lama mengundurkan diri, Suzuki mengumumkan pada November 2021 membatalkan keikutsertaan Karimun Wagon R dalam daftar LCGC. Karena mobil ini hanya akan menjadi barang ekspor ke negara lain.

Apalagi seiring berjalannya waktu, harga mobil LCGC tidak semurah dulu, namun kendaraan ini tetap menjadi pilihan masyarakat untuk membeli mobil. Apalagi dari pembeli pertama yang menginginkan kendaraan yang bisa mengangkut keluarga, tanpa khawatir panas dan hujan yang ekstrim, konsumsi bahan bakar yang irit, biaya perawatan dan pajak yang cukup terjangkau.

Rekomendasi Mobil Lcgc Terbaik

Dari lima mobil LCGC yang masih dijual hingga 31 Desember 2021, nama Daihatsu Sigra tampaknya paling banyak ditemui. Gaikindo mencatat LCGC tujuh penumpang Daihatsu terjual 40.283 unit dari Januari hingga Desember tahun lalu.

Daftar Mobil Lcgc Beserta Spesifikasinya, Mulai Rp100 Jutaan

Meski angka tersebut jauh berbeda dengan penjualan saudara kembarnya, Toyota Calya. Harga yang murah, menurut kami itulah yang membuat penjualan Daihatsu Cigra lebih baik dari Kalya. Dari segi spesifikasi fitur, Calya masih terbilang lengkap.

Berbeda dengan Cigra, penjualan Toyota Kaliya pada 2021 hanya bisa mencapai 35.375 unit. Artinya Cayenne kehilangan sekitar 5.000 unit karena permintaan Daihatsu Cigra. Posisinya juga harus rela berada di urutan kedua.

Transmisi manual tipe G menjadi Toyota Calya terlaris tahun lalu. Lalu ada varian G dengan transmisi otomatis (A/T). Apakah Anda juga penggemar Toyota Calya?

PT Honda Prospect Motor (HPM) pertama kali memperkenalkan Brio Satya pada 2013 lalu. Basisnya tetap Honda Brio, namun dengan sedikit pengurangan fitur. Di antaranya, transmisi yang ditawarkan hanya manual 5 percepatan, dengan velg baja, AIAS, velg kaleng yang ditutup dengan cap.

Rekomendasi Mobil Kecil Mini Terbaik Dengan Harga Murah 2020

Namun sejak kedatangan Honda Brio generasi kedua, Brio Satya juga mengalami peningkatan. Honda Brio menawarkan Satya pilihan transmisi otomatis CVT yang mirip dengan varian E dan RS Brio. Dan itu berlanjut hingga hari ini. Alhasil peminat Honda Brio Satya semakin bertambah karena dirasa model ini tidak jauh berbeda dengan Honda Brio RS namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Daihatsu harus menyalip Toyota lagi. 5 penumpang di segmen LCGC via Ayala kali ini. Total penjualan tahun lalu mencapai 21.384 unit, angka yang sangat besar mengingat pasar mobil domestik belum sepenuhnya kembali normal setelah dilanda pandemi Covid-19.

Ayla juga dianggap sebagai pilihan ekonomis ketika seseorang ingin mulai memiliki mobil, bukan hanya sepeda. Pasalnya Ayla saat ini menjadi varian paling murah dengan harga Rp 107 jutaan. Bahkan di awal kemunculannya, ada varian Daihatsu Ayla yang dibanderol kurang dari Rp100 jutaan.

Rekomendasi Mobil Lcgc Terbaik

Sejalan dengan persaingan antara Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, penjualan Agya juga harus mengakui keunggulan saudara kembarnya Daihatsu Ayla. Meski kedua mobil ini berbagi platform dan mesin yang sama.

Rekomendasi Mobil Yang Cocok Jadi Taksi Online

Namun, kesuksesan Toyota dengan Agya tidak bisa disepelekan. Buktinya LCGC berlogo burung tahun lalu bisa mencapai hampir 17 ribu unit.

Bahkan, rekor terbaru mobil LCGC terlaris 2021 dipegang oleh Suzuki Karimun Wagon R. Itu hanya terjual 2.510 unit. Pasalnya, mulai November 2021 Suzuki mulai tidak menjual unit Karimun Wagon R tanpa sisa stok di diler.

Ia menekuni bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 mengikuti hobinya memodifikasi mobil. Selain itu, karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang diproduksi oleh masing-masing pabrikan terus memicu minat dunia otomotif hingga saat ini. Temukan kendaraan murah, irit, dan andal.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *